Jumat, 14 September 2012

Yuk tahu Lingkungan dan Sistem Basis Data .....

Setelah mengenal Basis Data pada pertemuan pertama kemarin, kita masuk ke materi Lingkungan dan Sistem Basis Data. Sebelumnya mari kita mengulas sedikit mengenai  apa itu data, Informasi, dan Basis data..
·         Data adalah suatu fakta yang masih mentah dan masih harus diolah untuk bisa mempunyai makna.
·        Informasi adalah sesuatu yang sudah pasti dan dilengkapi dengan data-data atau bisa diartikan sebagai data yang diolah sehingga menjadi atau mempunyai informasi yang bermanfaat.
·        Basis Data adalah sekelompok data berhubungan satu sama lain yang ditata sedemikian rupa sehingga nanti dapan dimanfaatkan dengan cepat dan mudah. Bisa juga diartikan sebagai data yang tersimpan tanpa pengulangan.

Tujuan dari Basis Data itu sendiri adalah sebagai berikut

a.       Kecepatan dan kemudahan
b.      Efisiensi ruang penyimpanan
c.       Kebersamaan pemakaian
d.      Menangani data dalam jumlah besar
e.       Meniadakan duplikasi dan inkonsistensi data
f.       Keamanan (security)

Setelah sedikit mengulas Pengenalan Basis Data di atas, kemudian bagaimana Lingkungan dan Sistem Basis Data itu sendiri ??

Sistem Basis Data mempunya komponen, arsitektur, maupun Bahasa.
Apa sajakah komponen-komponennya?

Komponen-komponen dalam Sistem Basis Data adalah
a.       Hardware, yaitu perangkat keras atau perangkat fisik
b.      OS (Operating System)
c.       Database
d.      DBMS, sebagai contoh : XAMPP
e.       User
f.       Aplikasi

Bagaimanakah Arsitekturnya?

Arsitektur dari Sistem Basis Data  adalah sebagai berikut
a.    Stand Alone. DBMS, Basis Data, Aplikasi basis data ditempatkan pada komputer yang sama dan hanya bisa dipakai oleh satu pemakai.
b.      Sistem Terpusat, yaitu server dengan sejumlah terminal
c.  Sistem Client adalah digunakan untuk mengatasi kelemahan pada sistem terpusat. Jadi disini ada software yang terpusat pada clientnya.

Kemudian Apa itu DBMS? Ada yang tahu,,^_^

DBMS merupakan suatu program yang digunakan untuk memanage dan melakukan kontrol akses.
Kegunaan dari DBMS itu sendiri adalah
a.       Membuat dan memelihara basis data,
b.      Untuk pengolahan Basis data

DBMS ini sangat praktis dan efisien.

Bagaimanakah Bahasanya? ^_^

Bahasa yang sering digunakan disini adalah SQL.
Didalam Bahasa ini kita mengenal apa yang disebut dengan DDL dan DML. DDL digunakan untuk definisi data. Selain itu merupakan perintah untuk membuat data base dan memodifikasi struktur tabel. Sedangkan DML sendiri adalah untuk memanipulasi dan pengambilan data

Sudah tahu kan.. ^_^ 

Demikian sedikit ulasan mengenai Lingkungan dan sistem database.
Tunggu posting berikutnya yah.. ^_^
 Terimakasih... ^_^

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus