Jumat, 21 September 2012

Diagram E-R (Entity Relationship)


Sebelum kita bahas masalah Diagram E-R kali ini, kita ulas sedikit yuk mengenai  DBMS...

Apa itu DBMS?? masih ingatkah? ^_^

DBMS adalah program yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan memelihara database serta dapat digunakan untuk memanipulasi dan memperoleh informasi.

Nah, udh ingatkan?? Sekarang yuk kita bahas mengenai Diagram E-R....

Jadi E-R model itu ada 2 macam yaitu
a. ERM (Entity Relationship Model)
b. ERD (Entity  Relationship Diagram)

ERM (Entitiy Relationship Model)
- Digunakan untuk menggambarkan data dalam bentuk entitas, atribut, dan relationship.
- Masih bersifat Konseptual (belum langsung diimplementasikan)

ERD (Entity Relationship Diagram) 
- Digunakan untuk menggambarkan hubungan antar entitas
- E-R Diagrm dapat mengekspresikan struktur logis sebuah basis data dengan simple dan jelas.

E-R diagram terbagi dalam 3 bentuk yaitu
a. Persegi digunakan untuk merepresentasikan entitas
b. Elips digunakan untuk merepresentasikan atribut
c. Garis digunakan untuk merepresentasikan hubungan

Apa itu Entitas??
Entitas adalah objek yang ada dan dapat dibedakan dari objek lain dengan dunianya.
Sumber entitas memiliki atribut yang membedakan dirinya dengan objek lain, dan memiliki hubungan dengan objek lain.
Sebagai contoh:

  • Manusia: MHS, Pasien, Pegawai
  • Tempat : Toko, Gudang
  • Kejadian: (relasi dan transaksi)

Set Entitas
Adalah kumpulan entitas yang mempunya tipe yang sama.
Sebagai contohny adalah sekumpulan entitas mahasiswa.
Entity set dari entitas yang sama tidak perlu diuraikan.

Apa itu Atribut??
Atribut dilambangkan dengan elips. Kemudian sebuah entitas direpresentasikan oleh beberapa atribut.
Atribut adalah propertif deskriptif yang dimiliki oleh semua anggota dari semua entitas. Setiap atribut pada entitas memiliki kunci yang dinamakan dengan Primary Key dan sifatnya unik.
Sebagai contoh :
Entitas = Mahasiswa
Atribut = NIM, Nama_mhs, Jenis_kelamin, Tgl_lhr, Alamat
Primery Key= NIM karena memiliki nilai yang unik.

Value Set (Kumpulan nilai)
Definisi domain dari suatu atribut adalah tipe data, panjang, format, nilai yang memungkinkan, keunikan, dan kemungkinan data.

Jenis Atribut
     a.     Atribut Sederhana (Atomic)
Adalah atribut yang terdiri atas satu komponen tunggal yang keberadaannya        independen, tidak bisa diuraikan lagi.
     b.     Komposit
Adalah atribut yang terdiri atas beberapa atribut yang lebih mendasar dan bisa diuraikan.
     c.      Single Value
Adalah atribut yang hanya mempunyai suatu nilai untuk suatu entitas tertentu.
     d.     Multi Value
Adalah atribut yang terdiri atas sekumpulan nilai untuk suatu entitas tertentu.
     e.      Derivered Value
Yang dihasilkan dari atribut lain yang tidak berasal dari satu entitas.




Relationship
Adalah hubungan antara satu atau lebih entity. Dapat mempunyai atribut, dimana terjadi adanya transaksi yang menghasilkan nilai tertentu.







Cardinalitas Rasio  
  Ø  Menjelaskan jumlah kecenderungan satu entitas dengan entitas yang lain.
a.      One to One
Terjadi bila satu entitas A berhubungan paling tidak dengan satu entitas B.
Contoh :
-         Manager -> Memanages-> Department
-         Kaprodi -> Memegang -> satu Prodi
b.     One to Many
Terjadi apabila suatu entitas A dihubungkan dengan sejumlah entitas di B.
Contoh :
-         1 dosen -> mengajar -> sejumlah matakuliah
-         1 dosen wali -> membawahi -> beberapa mahasiswa
c.      Many to Many
Terjadi apabila banyak entitas A dihubungkan dengan sejmlah atau banyak entitas di B.
Contoh :
-         Employes -> works_for -> sejumlah project
-         Beberapa mahasiswa -> mengambil -> beberapa mata kuliah





2 komentar:

  1. menarik sekali,, terimakasih atas informasinya.. sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentunya.. thanks for sharing . nice post

    ST3 Telkom

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus