Jumat, 28 September 2012

Model Data Relational

Minggu ini kami akan memebahas mengenai Model data relational dimana model data ini merupkankebalikan dari E-R model yang kita bahas minggu lalu. Pada dasarnya E-R Model menunjuk High level dan relational model menunjuk pada lower level.
Pengertian Model data relational
Adalah sekumpulan tabel dua dimensi yang mempunyai relasi dimana masing-masing dari relasi tersebut tersusun atas baris atau yang sering disebut sebagai tuple dan kolom atau atribut pada suatu database.

Kemudian data diletakkan oleh suatu model data dalam bentuk relasi. Nah, model data yang seperti ini bisayanya disebut tabel.
Karakteristik tabel adalah bahwa Tiap tabel mempunyai structure yang hampir sama dengan ER database.

Beberapa pengertian mengenai Relational Data Model Terms:
 .       Relasi merupakan tabel yang terdidi atas beberapa kolom dan baris
 .      Attribute adalah kolom pada sebuah relation
 .       Tuple adalah baris pada suatu relasi atau bisa dkatakan sebagai kumpulan beberapa elemen yang saling                berkait untuk menginformasikan mengenai suatu entitas secara lengkap.
.      Domain adalah semua kemungkinan dari nilai yang bida diberikan kepada suatu attribute.
.       Degree merupakan Sejumlah atribute pada suatu relasi.
.       Cardinality  merupakan sejumlah tuple pada suatu relasi.

Mengenai Relasi
  -  Adanya hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda ditunjukkan oleh suatu relasi
  - Struktur data dasar untuk menyimpan informasi dimana strukturnyamerupakan suatu tabel dalam bentuk  kumpulan-kumpulan tabel.
 - Nama relasi dan atribut beserta tipenya dideskripsikan oleh schema yang dimiliki oleh setiap relasi.
-           Sebagai contoh:
Mahasiswa -> nim(string), nama_mhs(striing)
Ket:
Mahasiswa merupakan nama dari relasi, nim dan nama_mhs merupakan atribut dan string adalah tipe datanya.
Keterangan:
    Ø  BARIS disebut sebagai TUPLE
    Ø  KOLOM disebut sebagai ATTRIBUTE
    Ø  TABEL disebut sebagai RELATION
    Ø  DOMAIN merupakan sekumpulan dari harga atomik yang bisa dimiliki oleh suatu atribut

Istilah Alternatif
Perbandingan istilah alternatif untuk ER model-Relational Model-Database-Traditional Program
 .      Entitiy-Relation-Table-File
 .      Antity Instance-Tuple-Row-Record
 .      Attribute-Attribute-Column-Field
 .      Identifier-Key-Key-Key (link)


Pendefisian  Domain
  Ø  Pemberian nama domain yangs sesuai dengan nilai yang akan dimiliki doamin tersebut 
  Ø  Menentukan type data dari niliai yang membentuk domain
  Ø  Menentukan format dari domain

Kunci Relasi (Relational Key)
 Ø  Kunci Atribut dari Relasi
      Candidate Key
  Merupakan  atribut yang digunakan untuk membedakan antara satu baris dan dengan baris  yang lain.
 Primary Key
Merupakab Candidate Key yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu tuple yang unique pada suatu relasi. 
 Alternate Key
 Candidate key yang tidak menjadi primary key
  Foreign Key
  Sebuah atribut dalam suatu relasi yang menunjuk ke primary key relasi yang lain.

Mengenai Integrity Constraints atau batasan Integritas
  Ø  Merupakan suatu batasan yang diberikan pada suatu relasi
  Ø  Ditetapkan ketika schema didefinisikan
  Ø  Dicek ketika relasi dimodifikasi

Mengenai Relational Integrity Rule
 Null merupakan suatu atribut yang tidak ketahui duntuk tuple. Nilai Null digunakan untuk menyatakan atau mengisi atribut yang lain yang nilainya tidak ada.
 Entity Integrity -> Tidak ada 1 komponen primary key bernilai 0
  Referential Integrity -> Garis yang menghubungkan 1 tabel dengan yang lain

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus