Minggu, 09 September 2012

Alasan Menggunakan Sistem Basis Data, Kekurangan dan Kelebihannya

Sistem Basis Data merupakan suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait (dalam sebuah basis data di sebuah komputer) sehingga akan memudahkan aktifitas dalam memperoleh informasi.

Mengapa Sistem Basis Data ini sangat penting?

Dalam kehidupan sehari-hari data merupakan bahan baku informasi yang sangat penting untuk dapat meningkatkan suatu kinerja dalam sebuah organisasi. Data-data tersebut harus disimpan dalam sebuah database yang merupakan susunan record data operasional lengkap dari sebuah oganisasi yang sistemnya diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga infomasi-informasi yang dibutuhkan akan terpenuhi secara optimal. Jadi didalam database tersebut akan memuat sekumpulan informasi yang tersusun secara sistematik yang dapat diperiksa oleh suatu program komputer untuk dapat memperoleh informasi dari basis data tersebut. 
Kemudian Basis data ini menjadi sangat penting karena munculnya berbagai masalah apabila tidak menggunakan data yang terpusat seperti adanya duplikasi data, hubungan antar data tidak jelas, organisasi data dan pembaharuan data menjadi snagatlah rumit. Jadi tujuan dari pengaturan data dengan menggunakan basis data adalah menyediakan suatu media  penyimpanan data untuk dapat digunakan saat sekarang dan yang akan datang. Selain itu dengan adanaya sistem basis data ini akan memudahkan dalam pemasukan data sehingga meringankan tugas operator dan akan menghemat waktu yang diperlukan pemakai untuk mendapatkan sebuah data. Selain itu pengendalian data akan semakin mudah sehingga data-data tersebut akan mudah untuk selalu diperbaharui. Pengamanan data juga akan lebih terkendali sehingga mengurangi kemungkinan terjadinnya penambahan data, pengubahan, dan pengerusakan data.

Kemudian Bagaimanakah dengan kelebihan dan kekurangan dari Sistem Basis Data itu sendiri?

Keunggulan     :
1.      Mengurangi kerangkapan data
2.      Mengintegrasikan data dari beberapa file
3.      Mengambil data dan informasi secara cepat
4.      Meningkatkan keamanan data

Kelemahan      :
1.      Perangkat lunka yang mahal
2.      Konfigurasi perangkat keras yang besar
3.      Mempertahankan staf database administrator


2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. menarik sekali,, terimakasih atas informasinya.. sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentunya.. thanks for sharing . nice post

    ST3 Telkom

    BalasHapus