Selasa, 27 November 2012

Dependency dan Normalisasi

Functional Dependency
Menggambarkan hubungan, batasan, keterkaitan antara atribut-atribut dalam relasi.
Simbolny: -> dibaca secara fungsional menentukan.

contoh:
A->B = A secara fungsional menentukan B
A dan B merupakan atribut tabel.


  • NIM->Nama 
           Karena untuk setiap NIM yang sama maka Nama juga sama.
  • {Matakuliah,NIM}->NilaiHuruf
          Karena untuk menentukan NilaiHuruf tidak hanya membutuhkan NIM saja.

Macam Dependency:
  • Full Functional
  • Partial
  • Transitive
  • Full Functional
          Menunjukkan jika terdapat atribut A dan B dimana
  • B memiliki ketergantungan secara penuh pada A
  • B bukan full dependency jika ada subset A
     contoh:
     {NIM,Nama}->id_ruang


  • Partially Dependency
          Merupakan ketergantungan fungsional dimana beberapa atribut dapat dihilangkan dari A dengan ketergantungan tetap dipertahankan.
> B memiliki dependency terhadap subset A.

contoh:
NIM,Nama-> id_ruang
Jika nama dihilangkan tetap terjadi ketergantungan atau id_ruang tetap bisa dipertahankan.

  • Transitive Dependency
          Merupakan tipe functional dependency yaitu kondisi dimana A,B,C adalah atribut sebuah relasi dimana A-> B dan B->C
Maka C diakatakan sebagai transitive dependency terhadap A melalui B.

Normalisasi
Merupakan suatu proses untuk mendapatkan struktur tabel atau relasi yang efisien dan bebas sari anomali dan mengacu pada cara data item dikelompokkan ke dalam struktur record.
Normalisasi adalah proses pembentukan struktur basis data sehingga sebagian besar ambiguitas bisa dihilangkan.
Mengapa dilakukan Optimalisasi?
  • Optimalisasi struktur-struktur tabel
  • Meningkatkan kecepatan
  • Menghilangkan pemasukan data yang sama
  • Lebih efisien dalam penggunaan media penyimpanan
  • Mengurangi redundansi
  • Menghindari anomali (onsertion anomalies, deletion anomalies, update anomalies)
  • Integritas data yang ditingkatkan
Bentuk Normalisasi
  • 1NF
  • 2NF
  • 3NF
  • BCNF
  • 4NF
  • 5NF



1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus